Hihihi.. dah kayak sandwich aja.. apa kue lapis legit... Ini salah satu kebiasaan hamster yang bikin gemes. Jadi mereka itu hobi tidur tumpuk-tumpukan. Mungkin untuk mengurangi rasa dingin. Jadi, biar hangat gitu.

Pertama kali melihat mereka tidur seperti itu, saya agak khawatir, takut yang ada di tumpukan paling bawah ga bisa nafas... atau asmanya kambuh, atau kena serangan jantung tiba-tiba... (lho?!)

Tapi ternyata nggak tuh! Mereka sehat wal'afiat. Malah ngerasa nyaman aja gitu setelah tidur tumpuk-tumpukan ama temen-temennya.


Singkatnya postingan kali ini...


Read More...

Percaya tidak kalau hamster punya toiletnya sendiri, dan hamster kalau pee atau poop, ya di toiletnya itu? Masa sih? :argh:
Well, hamster pada umumnya adalah hewan yang bersih. Tidak seperti tikus, hamster di alamnya hidup di dalam lubang jadi naluri mereka untuk pergi ke toilet pada satu tempat. Semua hewan dapat dilatih untuk memakai toilet/kotak kotoran. Dan lebih mudah mengajar mereka pada waktu masih muda.

Ada cara membuat kandang hamster yang terkenal “bau” menjadi baunya berkurang. Percaya atau tidak, hamster dapat melatih mereka sendiri untuk memakai toilet/litter box, meskipun bantuan dari pemilik sangat membantu. Setiap rumah hamster modern seharusnya memiliki satu litter box/toilet. Ada beberapa jenis toilet/litter box yang dijual di pasaran.

Masalah Salah Penggunaan
Sering kali Anda menemukan bahwa hamster Anda menggunakan toiletnya untuk lainnya. Ada yang menggunakan toiletnya sebagaimana mestinya dan ada pula yang menggunakannya sebagai tempat untuk menyimpan makanan, makan dan tidur. Pemecahannya adalah dengan memberi bekas tutup toples seperti tutup peanu
t-butter dan taruhlah dengan kotoran di dalamnya. Biarkan hamster Anda makan di litterboxnya. Sisa-sisa kulit biji-bji yang ditinggal di toilet menunjukan bahwa hamster mengetahui bagaimana toilet ini sering dibersihkan dan sisa kulit bijian hilang.. Tetapi jangan biarkan hamster menyimpan apa saja di dalam toilet. Jika Anda membersihkan toilet secara teratur, meskipun hamster Anda tidak memakainya, ini akan membuat hamster tertarik untuk membuat sampah atau sisa-sisa kulit biji bijian dan kencing di toilet, tetapi tidak kotoran(biasanya kering dan tidak begitu berbau). Memberi hamster lebih dari satu di beberapa tempat juga ide yang bagus.

Masalah utama, Anda mungkin menemukan mereka bersarang di toilet. Ini tidak dapat dirubah jadi coba saja berikan tempat tinggal alternatif. Kotak persembunyian, terowongan, rumah-rumahan. Menaruh makanan cemilan, alas dan bahan yang lembut juga dapat membantu.

Penempatan
Perhatikan penempatan toilet pada kandang. Penempatan sangat penting untuk toilet hamster. Kebanyakan hamster akan ke pojok yang terdekat dengan botol airnya. Mereka biasanya grooming di sana. Jadi tempat ini jelas menjadi pilihan terbaik. Tetapi Anda harus menempatkan dimana hamster Anda biasa kencing. Juga dapat dibantu dengan menaruh sebagian serbuk/alas yang telah dikencingi hamster ke dalam toilet sebagai tanda atau pemancing.

Pembersihan
Untuk pasir toiletnya, Anda dapat membeli pasir toilet hamster atau biasa dikenal dengan pasir zeolit. Harganya relati murah. Setiap hari atau dua hari sekali, kotoran harus dibersihkan dengan skop yang tersedia. Jika tidak ada, Anda dapat memakai garpu plastik. Pada waktu membersihkan kandang, buang semua pasir toiletnya dan bersihkan toiletnya lalu ganti dengan pasir toilet yang baru
.

Intinya, untuk memiliki rumah hamster yang modern, perlu dilengkapi dengan toilet yang berventalasi cukup. Kebanyakan toilet hamster dijual dengan skopnya. Jika tidak ada Anda dapat memakai garpu plastik. Dengan pelatihan toilet ini, Anda dapat membersihkan kandang tidak sesering seperti Anda lakukan sebelumnya dan baunya pun berkurang dan lebih baik daripada sebelumnya.

Referensi: http://forum.megaxus.com/

Read More...

Huaaah...ternyata ga hanya di luar negri aja lho yang rajin mengadakan kontes hewan peliharaan. Tapi di dalam negri juga ngga kalah... Contahnya informasi berikut saya ambil di situs ini. Mau tahu apa saja yang dijadikan standar penilaian untuk kontes hamster?

ALOKASI NILAI

- Warna dan Pola : 30 poin
- Jenis : 25 poin
- Bulu : 20 poin
- Ukuran : 10 poin
- Kondisi : 10 poin
- Mata dan telinga : 5 poin

SANKSI

Sanksi dapat dijatuhkan untuk kondisi-kondisi berikut:
- Kehilangan anggota gerak (tangan/kaki), mata, telinga, atau ekor : Diskualifikasi
- Cacat yang dianggap menurun : Diskualifikasi
- Penyakit : Diskualifikasi
- Terdapat warna kuning, walau sedikit : Diskualifikasi
- Kelebihan lemak : Maksimal dikurangi 5 poin
- Terdapat luka atau bekas luka : Maksimal dikurangi 10 poin
- Kandang untuk kontes kotor : Maksimal dikurangi 10 poin


JENIS (25 poin) - Secara keseluruhan harus berbentuk oval/lonjong. Kepala harus lebar dan terletak menempel rapat pada badan. Kepala harus berbentuk kurva lengkung dan kepala bagian depan agak berbentuk seperti kubah (hidung Roman). Tungkai dan ekor sebaiknya nyaris tidak terlihat. Mata dan telinga harus terpisah pada jarak yang cukup.

BULU (20 poin) - Bulu harus lembut, pendek dan sangat rapat. Ini juga berlaku untuk telapak kaki. Sisi dalam telinga sebaiknya sedikit berbulu.

UKURAN (10 poin) - Hamster Winter White Dewasa berukuran antara 8-10 cm.

KONDISI (10 poin) - Hamster harus sehat, memiliki rasa ingin tahu yang baik ketika dibangunkan dan jinak ketika dipegang. Daging harus sekal tanpa kelebihan lemak. Kulit dan bulu tampak sehat bersinar dan hamster harus tampak bersih.

MATA DAN TELINGA (5 poin) - Ukuran mata dan telinga sebaiknya proporsional terhadap ukuran hewan. Mata harus bulat dan tidak menonjol. Telinga harus tegak, bulat dan terlihat di atas bulu.

WARNA (30 poin) - Warna dasar adalah warna yang menutupi keseluruhan tubuh hamster, tidak termasuk bulu perut.

N.B: Ini saya ambil standar kontes untuk hamster jenis Winter White

Read More...

Sering kali kita perlu membawa hamster untuk jarak jauh. Entah itu karena kita pindahan, atau karena hamster dihibahkan, atau karena hamster baru dijualbelikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tiga pantangan besar untuk hamster:

Basah, Panas, Angin Kencang.

Indonesia beriklim tropis, sehingga bukan hal baru lagi jika di musim kemarau suhu udara mampu mencapai 38 deg C. Padahal hamster berasal dari daerah sub-tropis, sehingga hamster tidak tahan panas. Lalu bagaimana kalau kita mau membawa hamster di cuaca panas?

Beberapa membuat kesalahan dengan membawa hamster di kantong plastik, dengan alasan: biar gampang. Padahal, dengan dibungkus kantong plastik, sirkulasi udara tidak baik. Kalau sudah demikian, hamster akan berkeringat, sehingga tubuh hamster akan basah, tinggal tunggu waktu aja buat menghadap Yang Maha Kuasa. Lalu bagaimana? Ada yang kasih usul pake kandang terbuka aja (baca: kandang berjeruji). Lah, kalau naik motor? ANGIN yang berhembus akan terlalu kencang buat hamster. Walaupun padang rumput tempat hamster hidup selalu bertiup angin kencang, tapi hamster hidup di dasar tanah, tertutup oleh rimbunnya rumput yang tinggi-tinggi. Jadi angin cukup tertahan. Jadi, tinggal tunggu maut lagi deh... Pernah terjadi di kamar, Hamster dikasih kipas angin ekstra kenceng pada 100 hamster. Dalam waktu 3 hari, 20% populasi mati... Mengapa? Yang mati selidik punya selidik ternyata kena hembusan kipas angin. Padahal maksudnya biar gak panas.

Jadi bagaimana caranya membawa hamster bepergian?

- Jika membawa menggunakan motor. Untuk menghindari angina kencang, makanya hamster diletakkan di wadah tertutup seperti container kura-kura atau seperti wadah Tupperware, hanya aja dibolongi di tutupnya, agar ada sirkulasi udara. Kemudian, dilindungi dengan menggunakan kain atau tas, agar tidak terkena terik matahari langsung.

- Jika membawa hamster dengan mobil. Nah, biasanya saya membawa hamster menggunakan mobil, kalau bawa hamster pada malam hari sih, tidak ada masalah, tapi bagaimana kalau bawanya siang hari bolong pas musim kemarau? Kalau AC mobil dingin sih, ya ga masalah, terus kalau AC mobil lagi ngadat alias rusak? Mending hamster-nya di tutup pakai kain yang berwarna terang, agar tidak terkena terik matahari langsung dan warna terang akan lebih sedikit menyerap kalor daripada warna gelap.

- Kalau lagi rajin, coba aja sebelum membawa hamster bepergian di cuaca yang panas, buat deh es batu yang dibuat di bolot plastik. Terus masukin deh di tas tempat membawa hamster. Jangan dimasukin ke kontainer hamsternya yah…Nanti jadi es hamster! Maksudnya biar tetep adem gitu hamsternya.

- Jika jarak perjalanannya jauh, maka sediakan makanan dan air minum untuk hamster secukupnya, atau kalau mau praktis, kasih makan taoge selama perjalanan. Taoge kan banyak mengandung air, jadi tidak perlu repot membawa botolminum hamster.

Sekian dulu yah! :antok:

Read More...

Kandang hamster harus aman dari gangguan serta nyaman untuk dihuni, cukup besar dan luas agar hamster dapat bermain, dan kandang harus diletakkan di tempat yang tidak berbahaya. Kamu bisa memilih kandang yang terbuat dari jeruji (wire cage), container plastik ataupun yang terbuat dari kaca, seperti akuarium. Lalu, bagaimana cara memilih kandang yang tepat untuk hamster?

Kandang jeruji merupakan pilihan utama untuk hamster. Keuntungan dari penggunaan kandang ini adalah: ventilasi yang sangat baik untuk hamster. Hamster akan mendapatkan udara segar. Jenis kandang ini sangat ideal untuk Syrian hamster, tetapi tidak cukup ideal untuk hamster roborovskii karena mungkin mereka akan dapat keluar melaui sela-sela jeruji tersebut.

Container plastik atau kandang yang tertutup rapat seperti akuarium memiliki sedikit ventilasi. Harus diperhatikan saat menggunakan akuarium sebagai kandang hamster adalah memberi penutup, berupa kasa. Hal ini untuk menghindari hewan lain masuk ke dalam kandang, seperti tikus, atau kucing. Jenis kandang ini cocok untuk hamster jenis roborovskii dan Campbell.

Hamster Bedding
Untuk bedding hamster yang paling baik sebenarnya adalah toilet tissue/paper. Hal ini dikarenakan jika menggunakan serbuk kayu, maka akan ada kemungkinan hamster alergi terhadap debu dari serbuk kayu. Bedding yang berupa kertas toilet akan lebih nyaman dan higienis.

Suhu yang Tepat untuk Hamster
Hamster akan sangat nyaman pada suhu 18 - 26 deg C.

Read More...

Paling sedih deh kalau ada yang bilang, "hamster itu kan tikus", "ya tikus yang bersih", "koq ga geli sih?". ::(Hamster itu tidak sama dengan tikus! Ya...memang sih sama-sama hewan pengerat alias rodent. Tapi tetep BEDA!!! :sobrakana: Perbedaan tikus dan hamster

- Hamster itu berbulu indaaaah... dan variatif, sedangkan tikus hitam kelam atau ngga putih doank (monoton deh).

- Ekor hamster pendek, imut-imut, kalau tikus ekornya puanjaaang

- Perbedaan lainnya dapat dilihat saat mereka makan, hamster makan seperlunya sedangkan tikus makan dengan sangat rakus

- Hamster lebih jinak sedangkan tikus lebih bergerak lebih liar dan cekatan

- Salah satu kelebihan hamster adalah hewan ini bersih karena ia suka membersihkan diri, punya toilet sendiri, dan suka mandi. Sedangkan tikus, hidupnya aja di selokan. Fiiiuhh...
:sweaty:

Read More...

Dapat award, baru pertama kali posting tentang award, biasanya klo dapat award, dan syaratanya harus nulis postingan alias membagikan award itu kembali, ga saya ambil awardnya :nggaya: Soalnya bingung mau nulis apa dan bagiin ke siapa. Jadi saya gatau ini award ke brp. Saya dapat award ini dari bippi.


Seperti biasa aturannya apabila dapat award, yaitu :

* Input gambar kedalam blog sobat,
* Link back orang yang memberikan award ini, dan
* Bagikan kembali kepada 10 atau lebih sobat blogger lainnya <--- :sleep:

Nah, kali ini saya akan membagikannya kepada sobat-sobat yang mau aja. Siapa aja.

:sobrakana: hihiihii... takut dimarahin ama yg ngasih. Yah pokoknya, yang namanya tertera di TOP KOMENTATOR bisa ngambil.

Read More...

Jika kamu ingin mengembangbiakkan hamster kamu atau jika hamster kamu mengalami kehamilan yang tidak diharapkan, mungkin informasi berikut akan sedikit banyak membantu untuk proses reproduksi hamster bekerja lebih baik.
Hamster jenis Syrian mampu bereproduksi pada usia 21 hari. Tetapi paling baik saat pertama kali reproduksi untuk hamster jenis ini adalah usia sekitar 4 – 6 bulan. Setelah, mmelahirkan hamster harus me-recovery kondisi badannya sekitar 4 bulan sebelum akhirnya hamil lagi. Induk betina biasanya akan steril pada usia 12 – 14 bulan.

Dwarf hamster (mini hamster) akan mulai bereproduksi pada usia 3 – 4 bulan. Sementara itu, untuk jenis roborovskii tidak bereproduksi biasanya hingga berusia sekitar 8 bulan (lama banget ya…!):sweaty:

Hamster betina akan terangsang setiap 4 hari sekali, dalam arti si betina akan kawin dengan si jantan pada hari ke emapat tiap siklusnya.
Jika si betina menyerang si jantan, hal ini menandakan bahwa si betina tidak sedang terangsang (belum saatnya). Untuk hamster mini, proses perkawinan lebih mudah ketimbang hamster Syrian.

Saat si betina hamil, ia akan memulai membuat sarang (nest) selama 2 hari terakhir. Berat badan si betina akan bertambah dan perutnya akan berbentuk seperti buah pir. Beberapa hamster betina akan lebih agresif dan galak.

Periode kehamilan (the gestation period) untuk hamster Syrian adalah 16 hari. Campbell dan Chinese hamster sekitar 18 – 21 hari, winter white hamster sekitar 18 – 24 hari. Sementara roborovskii hamster sekitar 23 – 30 hari.
So, let's wait for hamster breeding!:wave:

Read More...

Untuk kali saya akan mencoba memberi gambaran serta perbandingan hamster yang dibeli di petshop dan hamster pasar hewan. Saya sendiri pernah punya pengalaman membeli hamster di petshop dan pasar hewan. Kali ini saya akan membandingkan hamster yang saya beli di Pets Kampong (Pet shop Mall Artha Gading) dan hamster yang saya beli dari pasar hewan Barito (Jakarta Selatan)
:woooh:

Hamster Petshop:
1. Mahal. Kalau hal yang satu ini ga usah diherankan. Karena letaknya yang ada di mall, bersih, ga becek, dan nyaman. Jadi pasti harga lebih mahal. Untuk perbedaan harga hamster berkisar antara Rp 20,000 - Rp Rp 40,000. Lumayan jauh juga kan hargany. Untungnya waktu itu saya beli pas hari minggu, jadi diskon 10%.
2. Bersih. Hamster dari pet shop memang bersih dan terawat, secara kandang nya ga di taro di pinggir jalan, jadi bebas polusi.
3. Sehat. Kalau untuk urusan sehat, mungkin terlalu subyektif, karena saya belum pernah meriksain hamster yang baru saya beli ke dokter hewan. Hehehe..
4. Di petshop kita tidak usah khawatir, hamster yang kita beli akan dibawa menggunakan apa. Tidak perlu repot bawa kandang/travel bag dari rumah, karena di pet shop biasanya disediakan bos khusus untuk customer yang membeli hewan.


Hamster Pasar Hewan

1. Murah. Iyalah, namanya juga pasar. Bisa nawar buat yang jago nawar. Dijamin bisa jadi murah deh.
2. Hamster di pinggir jalan, ada kemungkinan hamster stress, karena keramaian, panas, dan berangin. Hamster kan tidak tahan panas dan angin.
3. Asal pinter milihnya, bisa juga koq dapat hamster yang bagus. Kalau ke pasar hewan, lebih baik jangan berkunjung hanya ke satu toko, tapi bandingkan harga dan kualitas hamster dari satu toko ke toko yang lain. Dengan demikian, bisa puas deh belanja hasmter.

Read More...

Belanja online pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, karena praktis belanja online saat ini memang sangat digemari. Pengalaman saya dalam belanja online pertama adalah membeli hamster dan perlengkapannya. Mulanya sih coba-coba, karena hamspir frustasi di petshop ga ada terus barang yang mau dicari. Akhirnya saya memberanikan diri untuk belanja online karena koleksinya lengkap, dan juga bisa menghemat waktu. Awalnya sih, takut juga barangnya ga sesuai dengan keinginan atau lebih parahnya lagi, ditipu. Untungnya sekarang banyak toko online yang menyediakan pilihan pembayaran COD (Cash On Delivery) jadi kita ga takut ditipu. Berikut ini adalah situs-situs yang menyediakan hamster untuk dijual:

1. http://www.tokohamster.com/
Di situs ini saya pertama kali membeli hamster dan perlengkapannya online. Saya cukup puas belanja di sini, sayangnya CS nya kurang ramah dan kurang proaktif. Tapi barang-barang di sini cukup lengkap dan berkualitas. Harga bersaing. Tapi sayangnya ongkos kirimnya lumayan mahal Rp 20,000.

2. http://www.myhamshop.co.cc/
Ini pengalaman kedua saya membeli hamster roborovskii. Saya membeli 4 ekor, umur 1,5 bulan. Harganya lumayan murah Rp 45,000/ekor. Yang jual juga cukup ramah.

3. http://hamsterzone.com/
Saya belum pernah beli di sini, karena terakhir saya tanya yang punya, katanya beliau tidak menyediakan jasa antar hamster. Jadi kalau mau membeli hamster, langsung di toko, kecuali mau beli perlengkapannya, bisa diantar.

4. http://www.hammieshop.com/
Belum pernah menghubungi CS nya. Jadi saya belum bisa kasih komentar.

5. http://madheest.blogspot.com/
Salah satu situs yang cukup lengkap juga nih koleksi hamsternya. Patut dicoba.

Semua toko online di atas tidak melayani pengantaran hamster ke luar kota. Jadi dalam Kota Jakarta aja. Kecuali untuk perlengkapannya, bisa di antar luar kota. Kalau menurut saya, tidak ada salahnya belanja hamster online. Sebelum membeli, bandingkan harga toko yang satu dengan yang lain. Dan pastikan, jangan sampai kena tipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

See you on next post.

Read More...

Mainan atau asesoris hamster rasanya udah jadi a must have thing untuk para hamster keepers. Soalnya kadang akan terasa sepi dan hamster pun akan malas bergerak kalau tidak ada mainan. Di petshop banyak banget dijual mainana hamster, mulai dari jogging wheel, swing tunnel, bola hamster, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan harga yang beragam, ada yang murah, sedang, mahal. Mungkin kalau harganya murah sih, gpp. Tapi kalau harganya cukup mahal atau mahal banget. Naaah, itu dia yang jadi masalah. Kalau mau kreatif sebenarnya ga susah juga koq bikin mainan untuk hamster.

1. Bekas gulungan tissue
Tau kan itu tuh kertas karton tissue roll. Dari pada di buang, kasih aja ke kandang hamster, hamster senantiasa akan wira/i keluar masuk tissue roll, dianggapnya kayak tunnel alias terowongan. Sering juga dia ngumpet di situ dan tidur di situ.


2. Ranting Pohon
Ranting pohon dapat digunakan supaya hamster bisa manjat ::hehehe:: tapi pilih ranting jangan yg terlalu kecil, nanti rantingnya malah dimakan. Jangan lupa dibersihkan dulu raningnya.

3. Botol Plastik Air Mineral
Botol plastik air mineral yang sudah dibolongi bagian atas dan bawahnya, bisa juga menggunakan ini sebagai pengganti pipa-pipa sambungan untuk kandang hamster.

4. Tisu
Kertas tisu yang dibentuk bola padat, dapat digunakan sepaya hamster tidak bosan berada di dalam kandang.


Selamat ber-hamster-ria!

Read More...

Basically, hamster itu memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Namun, jika kondisi tidak mendukung, bukan tidak mungkin hamster terserang penyakit. Karena ukuran tubuh hamster kecil, maka sulit untuk mengidentifikasikan penyakit yang menyerang hamster. Kesulitan lain yang sering ditemukan adalah ketika hamster kita sakit, lalu dengan cepat menemui ajalnya. Hehehe..Berikut ini adalah penyakit umum yang menyerang hamster dan cara mengatasinya:

1. SALESMA

Ini bukan orang yang suka nawar-nawarin barang lho! Salesma atau pilek pada hamster biasa disebabkan oleh udara panas atau penurunan suhu drastis. suhu yang ideal untuk hamster adalah 18-22degC. Sealin itu, salesma juga dapat ditularkan dari manusia. Gejala salesma dimulai dari hamster yang sering bersin dan keluar cairan dari mata dan hidung. Hamster akan terlihat lesu, matanya setengah tertutup dan selalu terlihat bergelung (tidur) di salah satu sudut kandang.
Bagaimana cara mengatasinya?
- Segeralah pindahkan hamster yang sakit ke kandang khusus yang terpisah dari hamster lain.
- Letakkan kandang di tempat yang hangat atau di atas kandang diberi lampu. Letakkan serbuk kayusebanyak mungkin di dalam kandang.
- Hamster dapat diberi campuran susu,air dan madu sebagai obat.
- InsyaAllah, dalam beberapa hari hamster akan terlihat membaik.


2. DIARE
Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal:
- Diare karena konsumsi sayur dan buah berlebihan. Hentikan pemberian sayur dan buah. Berikan makanan kering khusus hamster. Air minum dan botol harus selalu tersedia, karena hamster diare butuh banyak cairan. Umumnya, kematian hamster yang diare disebabkan dehidrasi atau kurang cairan.
- Diare karena jamur. Serutan kayu yang jarang diganti dapat menyebabkan diare secara tidak langsung. Serutan kayu yang sudah dikencingi akan tumbuh jamur Aspergillus. Hamster yang terserang penyakit ini akan terlihat lesu, sulit bernapas, gatal, dan diare yang kronis. Jika terlihat gejala ini, segera pisahkan hamster dengan hamster lainnya (takut tertular), kandang hamster untuk merawat dibersihkan setiap hari, dan segera pergi ke dokter hewan karena umumnya diperlukan antibiotik dan obat antijamur.
- Diare karena bakteri. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama wet tail (ekor basah). Penyakit ini biasa menyerang hamster berusia muda. Penyebab utama penyakit ini adalah tingkat stress yang tinggi sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri yang biasa hidup di dalam usus hamster. Hamster yang terjangkit penyakit ini akan mudah menemui ajalnya. Gejala: penampilan sangat kotor, basah, disertai bau menyengat. Biasanya hamster akan malas makan dan minum. Jika tampak gejala tersebut, segeralah bertindak, karena hamster akan cepat menemui ajalnya. Hamster perlu disuapi menggunakan pipet, beri obat antidiare (Kaopectate) dan sedikit antibiotik.

3. JAMUR DAN KUTU
Hamter yang terinfeksi jamur dan kutu akan terlihat selalu gatal dan kulitnya kering. Kadang-kadang disertai bulu yang mudah rontok. Tindakan untuk mencegah jamur dan kutu adalah menyemprot kandang hasmter dengan antikutu setiap bulan dan selalu menjaga kebersihan kandang.

4 KERONTOKAN BULU
Kerontokan bulu hamster dapat diakibatkan oleh beberapa hal:
- Usia. Ketika usia tua (2 tahun) biasanya hamster akan mengalami kerontokan bulu sehingga kelihatan botak. Hal in wajar dan tidak perlu dirisaukan karena tidak membahayakan. Hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kebutuhan vitamin agar selalu seimbang
- Alergi. Hamster dapat menderita alergi terhadap suatu jenis makanan atau serbuk kayu. Jangan menggunakan serbuk kayu dari pinus dan cedar. Semua jenis hamster alergi terhadap serbuk kayu tersebut.
- Kurang vitamin. Jika gizi hamster tidak seimbang maka akan mengakibatkan kerontokan bulu. Cara mengatasinya adalah dengan vitamin E setiap 2 hari sekali di apotek terdekat.

5. OBESITAS
Bisa dikategorikan sebagai penyakit karena dapat mengakibatkan jantung melemah atau bisa juga serangan jantung. Cara menghindari obesitas adalah: membatasi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti biji bunga matahari dan kacang tanah.

Sumber: Buku Memilih dan Merawat Hamster (Rian H.); Ezoel; Hamha!!!

Read More...

Vitamin diberikan kepada hamster agar hamster tidak mudah terserang penyakit dan nafsu makan hamster bertambah. Di petshop banyak disediakan vitamin hamster dengan harga dan merk yang bervariasi. Saya pun sejak dari awal memelihara hamster, sudah rutin memberikan vitamin setiap hari. Berikut ini produk vitamin hamster yang saya pakai:

1. Hamsflex. Harga Rp 17,500.-
Multivitamin berbentuk liquid drop ini dapat diberikan langsung kepada hamster atau dicampur dalam minumannya. Vitamin pertama yang saya beli. Selama ini sih tidak terlalu terlihat perubahannya.




2. Multivitaminspray beaphar
. Harga Rp 50,000.-
Kalau vitamin ini berbentuk spray yang disemprotkan ke makanan hamster. Vitamin ini bagus, hamster jadi nafsu makan. Contohnya hamster roborovskii white face yang saya miliki, tadinya kurus banget ga nafsu makan, makan sedikit. Tapi setelah dikasih vitamin ini,sekarang hamster jadi doyan makan dan jadi gendut. Lucu deh!!
:woooh:

Read More...

Ternyata bukan cuma manusia aja yang suka ngemil. Hamster pun senang banget kalau dikasih cemilan. Tapiiii.... Jangan kebanyakan ngasih cemilan ke hamster. Pemberian cemilan diberikan 1 kali per minggu bertujuan agar hamster tidak bosan dengan makanan utama. Terus apa aja yang bisa dijadikan atau dikategorikan sebagai snack hamster? Mengkin saya bisa berbagi sedikit pengalaman saya dalam memelihara hamster.

Supaya hamster tambah sehat, kita bisa memberikan jelly strawberry (Marukan) yang berbahan baku susu. Jelly ini khusus untuk hamster, jadi jangan coba-coba dikasih ke adik kalian yaa... Harganya lumayan mahal juga siii, biasanya satu jelly seharga Rp 5,500 - 6,000





Adalagi yang bisa dikasih Vitakraft Kracker. Kalau yang ini juga mahal. harganya Rp 36,500 isi 2 batang. Jadi selain hamster bisa ngemil, dia juga berolahraga, karena krackernya digantung di kandangnya.

Tapi kita bisa juga memberi hamster snack yang murah meriah. Contoh: taoge. Sayuran ini sangat disukai hamster. Tetapi pemberian yang berlebih, takut menyebabkan hamster diare. Kita juga bisa memberi hamster apel dan worte yang dipotong panjang-panjang.

Selamat ber-hamster-ria...

Read More...