Memilih dan Membeli Hamster

Hamster udah bukan barang langka lagi di Indonesia. Banyak banget petshop bahkan pasar hewan yg ngejual hamster, tinggal pinter-pinternya kita aja untuk memilih hamster berkualitas dengan harga terjangkau. Bagaimana cara memilih hamster? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli hamster, yaitu: jenis, usia, gender, dan ciri hamster sehat.

i) Cara Memilih Jenis Hamster
Hamster yang banyak dijumpai di Indo ada 4 jenis: Syrian, Campbell, Winter White, and Roborovski. Masing-masing punya ciri-ciri yg beda dan khas. Jenis syria ini merupakan jenis hamster yg paling gede di antara yg lain, panjangnya bisa mencapai 20 cm beratnya bisa mencapai: 250 gram. Ini gambarnya Syrian:Kalo jenis Campbell ini jenis hamster yg paling gampang berkembang biak, makanya kalo dipasaran harganya paling murah di antara hamster lainnya., dan juga campbell ini banyak banget jenisnya, beraneka ragam warnanya. Tapi sayangnya hamster ini rada sulit dijinakkan, dan suka gigit. Ga cocok bagi pemula hamster keeper. Ini dia gambarnya:Nah, kalo hamster jenis winter white (ww) ini mudah dijinakkan, dan paling ngerti kalo disediain toilet, yaa walaupun variasinya ga sebanyak hamster campbell tapi hamster ini ga kalah lucu koq! Jenis ww: violet, blue argente, pearl, albino, golden, ada juga yg matanya warna merah. Oiya, hamster jenis ini makannya banyak lho! dan otomatis pee dan poop nya juga banyak! Waktu itu saya pernah melihara ww violet, karena kelupaan ga ngasih makan sehari, eh temennya dia makan sendiri. Ya ampyuuun... Sekarang saya dah ga mau lagi melihara ww violet. Salah satu koleksi saya adalah winter white golden. Ini dia fotonya:
Jenis yang terakhir yaitu roborovski, ada yg normal (muka cokelat) dan white face (mukanya putih) in ihamster yg paling imut menurut saya. Selain ukuran badannya mungil, mukanya juga innocent banget. Makanya ini hamster saya pelihara, tapi sayangnya susah banget dijinakin, larinya kenceng banget. Selain itu, jenis robo susah berkembangbiak, makanya harganya agak mahal... Ini salah satu koleksi white face punya saya:

ii) Perhatikan Usia Hamster
Sebaiknya pilih hamster yg berusia antara 4-10 minggu. Pada usia ini, hamster masih tergolong muda dan lebih mudah dijinakkan. Jangan memilih hamster dengan usia di bawah 4 minggu, karena usia termuda hamster boleh dipisahkan dengan induknya adalah 4 minggu.

iii) Pilih Hamster yg Sehat
Bagaimana caranya? Perhatikan matanya, mata hamster yg sehat terlihat jernih dan bersih dengan kelopak mata yg tidak menempel. Selain mata, pegang bulu nya, jika lembut, tebal dan bersih, nah itu bisa dikategorikan hamster yg sehat. Hamster adalah hewan nocturnal, tidur pada siang hari dan aktif pada malam hari. Jika kamu ingin membeli hamster, lebih baik dilakukan pada malam hari. Selanjutnya yg perlu diperhatikan adalah makanan yg diberikan oleh si penjual kepada hamster. Jika penjual banyak memberi biji bunga matahari, nah kemungkinan hamster nya ga sehat, karena kandungan lemak dalam biji bunga matahari cukup banyak, selain itu hamster juga ga boleh dikasih sayur-sayuran yg berwarna hijau.

iv) Jenis Kelamin Hamster
Jika membeli seekor hamster, jenis kelamin jantan atau betina tidak akan menjadi masalah. Namun, jika akan membeli 2 ekor, maka kamu harus memikirkan jenis kelamin kedua hamster tersebut. Jika mau dikembangbiakkan, ya belilah jantan dan betina. Hehehe... Cara membedakan jenis kelaminnya:Nah, kira-kira seperti ini pertimbangan dalam memilih hamster. Oke, selamat memelihara hamster ya!

21 comments:

Anonymous said...
July 8, 2009 at 3:56 PM

kk, tampaknya aku sudah mulai mengetahui jenis hamsterku deh! Soalnya mereka udah mulai berbentuk hamster. Cream jenis syrian terus panda jenis...aku tidak tahu dia kecil banget sih k.^o^.

dylanisters69 said...
August 1, 2009 at 12:13 PM

hamster... sedih banget kalo ngomongin hamster,,, w punya hamster (Gery sama Bonbon) tapi diterkam sama kucingnya babe w (Agus)... hikzzzzz

Anonymous said...
December 4, 2009 at 8:56 PM

thanks... infoya.. gue juga baru bbrp bulan miara hamster, gue nunggu2 kenapa hammy gue gak hamil2... pas di check ternyata dua2nya lekong boo... hahahaa....tukang hammynya mungkin khilaf ya.. tp yah gak papa.. tp emang gue akuin hammy itu lucu dan ngilangin stress... kalo dikantor rasanya kangen sama mereka.. oh ya, nama nya cika dan ciki... pengen gue beliin satu hammy betina lg, tapi gue takut tuh hammy di perkosa... atau maybe di serang... gimana ya..? boleh gak sih taro hammy cewe diantara dua hammy laki di satu kandang..? pls.. info dong...

peppy said...
December 9, 2009 at 12:03 PM

maww nanyya .. tlong di repp eahh ..
hamsqw thu klo dket langsung tengkar .... T.T akw bingung gmnnaaaaa ...

admin said...
December 10, 2009 at 9:13 AM

@peppy: Hamsterku juga sering berantem, klo ada yg luka baru deh aku pisahin, tp selama blom ada yg luka, aku diemin aja. Hehehe... tp memang lebih baik dipisahkan sih. Biasanya yg sering berantem itu yg jenis kelaminnya sama.

agazzo said...
December 10, 2009 at 10:49 AM

ragazoo
thak ya atas informasinya....!
mo nnya nie....
bisa g antara campbel sma ww di kawin i

ERLY FITRIANI said...
January 31, 2010 at 11:09 PM

thx bgt wat info na..ku br mo nyari hamster nih..

orinee said...
February 10, 2010 at 6:49 PM

campbel sama ww ga bisa dikawinin,. cz mereka beda jeis,. ada yang berhasil c, tapi pada akhirnya cacat atau mati,. kaihan hammynya,.. ;(

Anonymous said...
March 25, 2010 at 2:32 PM

hi...
numpang tanya y...

gimana sih cara gbngn hamster spy bs skndng??
ww ku yg cewe galak banget t.....

thanks.

Anonymous said...
April 23, 2010 at 2:24 AM

wew hamster bulunya dekil biar bersih hrz d gmanain ya???

kn g bolrh d mnadiin pk air klo g slah ya???

josh said...
June 7, 2010 at 11:53 AM

aku ad 3 jeni itu...tapi kalau syrian itu yg bulu na lebat nama nya apa yah??o ia saya pernah dengar kalu jenis robv harus di tempat sejuk/ber-AC agar bisa bereproduksi na yah?
susah bner si TT

Anonymous said...
June 7, 2010 at 11:54 AM

d kasih pasir aja kk/cc....ntar lucu deh gulink"an sendiri >;<

Anonymous said...
August 26, 2010 at 11:17 PM

hamsterku mati abis jilat jilat tanganku yang abis nyuci piring >.< keracunan dehhh... merasa bersalah T_T

Anonymous said...
December 12, 2010 at 7:32 AM

kaka

tau bedanya jenis Campbell dan ww ga? bantu donkk..

vincent armada said...
June 15, 2011 at 11:07 AM

boleh gak kalo beli hamster pada sore hari gak juga pada malam hari

Unknown said...
December 6, 2011 at 3:54 AM

Tipsnya sangat membantu para hamster lovver untuk memilih hamster dan membeli hamster...semoga bermanfaat...

salam kenal..
Hamster Online | www.hamster-online.com

security services said...
August 9, 2012 at 10:48 AM

terimakasih atas tips nya

Armstrong Indonesia said...
August 9, 2012 at 10:49 AM

hamster jenis apa yang paling bagus?

Unknown said...
July 25, 2015 at 11:18 AM

Pake pasir lembut yang wangi, biasanya untuk poopnya bisa juga buat mandinya

Post a Comment

Thank you for reading my post. Please give me feedback.

Glitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word Generator