Tips Memelihara Bayi Hamster

Jika Anda memilih hamster jenis Campbell untuk dipelihara, mungkin Anda akan sering mendapatkan bayi hamster. Hamster campbell bisa melahirkan 6-8 ekor bayi sekali melahirkan. Mungkin beberapa dari Anda ada yang masih belum tahu bagaimana cara memelihara hamster pada saat melahirkan. Bukan hal yang tidak mungkin bayi hamster akan mati karena dimakan oleh induknya sendiri. Berikut ini merupakan tips agar bayi atau anak hamster selamat.

1. Setelah induk hamster terlihat sedang mengandung, sebaiknya induk jantan dipisah, apalagi setelah induk betina melahirkan. Meskipun banyak sumber yang mengatakan induk jantan juga akan merawat anak hamster, tetapi tidak ada jaminan. Justru akan besar kemungkinan anak hamster dimakan oleh induk jantan.
2. Jangan menyentuh anak hamter menggunakan tangan Anda, karena hal tersebut dapat menyebabkan anak hasmter berbeda bau sehingga induk hamster akan menganggap anaknya sebagai musuh. Jika terpaksa memegang, peganglah dengan menggunakan sarung tangan yang tidak berbau.
3. Usahakan kandang hamter jangan terlalu besar dan luas. Agar induk betina konsentrasi mengurus bayi hamster. Selain itu, taruh kandang di tempat yang jarang dilalui orang.
4. Siapkan makanan yang cukup dan jangan hanya 1 macam, biar memenuhi gizi ibu hamster. Selain makanan pokok, Anda dapat memberikan taoge, tablet susu, jelly strawberry, vitamin, dan apel.Oiya, botol minumnya juga jangan samapi kosong yah...Kasian induk hamsternya kehausan. (thanks to Kacong)

89 comments:

Suara Petualang said...
June 28, 2009 at 5:45 PM

wah...kalo dipegang pake tangan trus berbeda bau & dikira musuh, kasian banget yah si anak hamsternya...

bisa-bisa di kucilkan ma keluarganya & di depak keluar dari kampung deh...
hehehehhe....
piss...

Salam Lesatari...

sigit said...
June 28, 2009 at 6:05 PM

ya kalau punya hamster..
ada tips ga cara pelihara kambing and sapi..
kan lumayan tuh

Novian said...
June 28, 2009 at 6:26 PM

Blogwalking @ afternoon, nice blog and article... visit me back ok.....

^kacong^ said...
June 28, 2009 at 7:01 PM

Senang bs berkunjung ke sini.Sy jg hobi bgt plihara hmster.hmsterq drmh bnyk&lucu2. Kl blh +tips kl lg nyusui botol minum hmster jgn smpe kosong yah. kasian.
ohya msh ad tmpt bwt tukeran link? Sy tunggu konfirmasinya y

Catherine said...
June 29, 2009 at 3:14 AM

I loved reading about hamsters, maybe that is a pet I will get in the future!

http://movinonuptogether.blogspot.com

Maghfur Amin said...
June 29, 2009 at 8:57 AM

Wah, penyuka hamster dan Pink ya mbak. Hehe verry sweet...
Kasih comment dunk di Blog Q..

Zhys said...
June 29, 2009 at 10:22 AM

jalan2 ke blog aq jga y????

ezoel said...
June 29, 2009 at 10:30 AM

Hai, mau tanya nih, kebetulan hamsterku baru melahirkan, udah seminggu sih dan ini pengalaman pertamaku punya bayi2 hamster ;-)
kira2 umur berapa anak2 hamsternya bisa dipisah dari ibunya?
thanx

arunaspot said...
June 29, 2009 at 10:50 AM

betul betul perempuan, hyahahaha...

komen me back yaa...

Zhys said...
June 29, 2009 at 3:05 PM

thanks dah ngunjungi blog aq...

klo bsa sering2 y??

Kami yang Waras... said...
June 29, 2009 at 3:07 PM

@ezoel: anak hamster bisa dipisahin sama induknya pas umur 4 minggu.Kalo umur segitu dia udah bisa makan dan minum sndiri. Kamu punya hamster jenis apa?

ezoel said...
June 30, 2009 at 7:46 AM

Hamsterku jenis winter white.
sampai umur berapa anak2nya bisa disatukan dalam satu kandang [tanpa indukan]?
lalu apakah aman kalau mereka disatukan tapi dengan jenis kelamin yang berbeda-beda dalam jangka waktu yang lama [misalnya lebih dari 2/3 bulan]?

Desti said...
June 30, 2009 at 8:38 AM

@ezoel: Kalo pengalaman aku,aku menyatukan anak2 hamster yg beda gender. Mereka kl disatukan masih kecil,biasanya ga berantem,yaa..paling2 bercanda cakar2an gitu. Soalnya hamster robo ku disatuin pas dari lahir. Sampe skrg baik2 aja dah umur 3bln.Blom ada keliatan yg luka .Hihihi
Tp klo km takut,lihat aja kedepannya,kalo berantem tinggal pisahin.Mungkin klo beda jenis takut mereka kawin,katanya sih anak yg dihasilkan dr perkawinan jantan_betina yg punya induk sama. Perkawinan adek kakak gt.

OmMath said...
June 30, 2009 at 10:29 AM

Ngikut nimbrung ni jeng!

Untuk ngambil amannya memang dipisahin, tapi saya gak pernah lakuin itu di rumah. So, terkadang 20 hari sampai 1,5 bulan si betina dah bisa lahiran lagi.... hehheehe...

Seru khan??? :)

Akmal Online said...
June 30, 2009 at 12:09 PM

Hehehe..
Lucu yah blognya..
Hamster addict..
Btw,peliharaan hamsternya ada brp??

Kami yang Waras... said...
June 30, 2009 at 2:02 PM

@ezoel: Maav tadi blum kelar. Jadi katanya sih kalo perkawinan satu induk ga bagus hasilnya. Takut cacat. Correct me if I'm wrong.

@OmMath: tengkyu yaaah dah namabahin infooo..

@Akmal Online: Iya nih, lagi demam hamster, hamsterku ga terlalu banyak koq..Masih muat kalo ada hamster yg mau di adopsi sama aku... ehehe..

riyan said...
June 30, 2009 at 4:58 PM

iya sobb q kunjung t4 u...wah bawa hewan ke pesawat...|????

ezoel said...
July 5, 2009 at 1:22 PM

Hi, kebetulan hari ini anak hamsternya udah berusia 3 minggu.
apa sudah boleh diganti serbuknya dan anakannya boleh dipegang?
Rencana saya kalau sudah 4/5 minggu saya mau pisahkan sama mamanya untuk diketemukan kembali dengan papanya ;-)
kalau anak2nya saya satukan dengan anakan dari indukan lain boleh gak, soalnya untuk menghemat tempat?
kebetulan hamster saya yang melahirkan itu ada 2 pasang dan hanya berbeda 3 hari, sekarang lagi lucu2nya ;-D

Anonymous said...
July 5, 2009 at 6:48 PM

bayi hamsterku cacat...kakinya 3,gmana yah biar kakinya 4 lagi?

David said...
July 13, 2009 at 7:11 PM

Hallo, mau minta nasehat nih.....
Hamster gw dominan cowo n cewe, sudah ada gerakan kaya kawin gitu dalam seminggu ini, tapi cuma sebentar bentar doang.
Kira kira sudah berhasil belum ya ?
BTW, blognya nice deh

Kami yang Waras... said...
July 13, 2009 at 10:06 PM

@David: Kalau habis kawin ga bisa dipastikan berhasil atau ngga. Btw, hamsternya jenis apa? Kalo campbell sih mudah untuk hamil terus, tp kalo winter white dan robo agak susah. Mending dilihat ciri2 nya apakah induk perut membesar dan perilaku agresif serta gemar menggali bedding.
Trims ya sudah berkunjung.

Anonymous said...
July 17, 2009 at 5:18 AM

perasaan hamsterku dah berkali2 melahirkan g pernah tuh jantannya makan anakanya... tergantung jg kali ya...
kl jantannya g pernah dikasih makan mungkin bakal makan anaknya. tp selama ini blm pernah hamsterku jadi KANIBAL
trs aq pegang pake tangan jg biasa aja... g dikira musuh, masih ttp dirawat.
td mlm br melahirkan 7 ekor. ama jantannya jg malah dirawat.

admin said...
July 17, 2009 at 8:09 AM

@Anonymous: Yup, biasanya untuk menghindari si jantan memakan yg betina, lebih baik di pisah. Memang sih banyak juga yg bilang si jantan akan membantu merawat bayi hamster. Tp, ga ada yg bisa menjamin. So, mencegah lebih baik dari pada mengobati (hubungannya?).

cialoveskitty said...
September 1, 2009 at 9:47 PM

wow, kasian :D
b'arti harus ekstra hati2 ngejaga bayi2'a yaa... :D

Anonymous said...
September 15, 2009 at 9:47 AM

Dah 3 kali ibu hamster melahirkan anak... semuanya kena makan oleh ibunya. Hari ini lihat ada 5, petangnya dah tinggal 3, esoknya dah tinggal seekor.. lusa nya hanya tinggal ibu. Mujur akhirnya tidak hanya tinggal sangkar.

Pening juga ya untuk jaminan semua anaknya tidak kena makan oleh ibunya. Berbagai cara sudah saya usahakan. Ini sekali lagi, 2 hari lepas lahir, dipisahkan dari bapanya, hanya sangkar ibu dan anak, juga dimakannya. Udah tinggal seekor dari asal 6 ekor. Tunggu esoknya... entah la apa jadi...

Aduh...!!

MeMyself said...
October 26, 2009 at 10:31 AM

salam..saya dari brunei, kira2 berapa hari anak hamster membesar? dan selepas membesar adakah kita patut bersihkan badannya seperti di mandikan?

gie-sad- said...
March 3, 2010 at 8:20 AM

waduh aq nyesel banget kenapa baru baca blog ini...
bayi hamsterq banyak yang mati.
awalnya dipisah karena induknya makan anak hamsterq itu,ternyata gara-gara aku sering banget pegang bayi hamster itu...hiks..hiks....
nyesel bangetz.....

Ita said...
May 28, 2010 at 9:47 PM

kalo 2 minggu bayi" hamster udah boleh boleh bisah sama ibux gak??

trus ibux boleh di gabung m bapakx lagi??

trus,, anak" hamster boleh gabubg sama bpk ibux gak???

Kevin said...
June 1, 2010 at 8:21 PM

hy.. hamster ku juga lagi hamil. walaupun banyak sumber yg mengatakan bahwa pasti indukan akan menjadi lebih agresif, tp hamster ku tidak kok!. hamsterku tuh udah jinak banget. namanya Shiro dan jantannya Zeitaku. tp zeitaku hilang entah kemana...-_-

komochan said...
June 2, 2010 at 8:35 AM

oh thanks bgt.sya jga pnya anak hamster.dah beranak 7 ekor.tp si induk itu hyperaktif.malah susah ngurusin anak nya.malah saya yg ngumpulin anaknya k pojokan aquarium pakai sendok.n makanan na standard ja cman wortel,kuaci,apel,toge.gmna klo si kandang itu bau dengan kencing si induk hamster.kira" berapa hari si kandang hamster itu d ganti serbuk kayu nya?

lucy said...
June 17, 2010 at 10:11 PM

saya mw tny nich..
klo hamster melahirkan kan kandangnya bau tuu

gmn cra bersihinya??
gapapa di bersihin???
nnt kan baunya ilang

Anonymous said...
July 12, 2010 at 9:53 PM

mau tanya dong .? di rumah ada hamster sepasang udah ngelahirin beberapa kali tapi mati mulu bayi nyaa .! gmna sih cara memelihara bayi hamster biar kgag mati .?!

thank's

MANAPALA said...
August 3, 2010 at 3:58 PM

.aku punya sepasang hamstr jnis campbell skrang hmstrku udh nglahrin 3ekor anak..
Skrang umur anaknya udh 1mngg tp aq ga pishin induk jantan'y apa ga pa2 ya soal'y sh ampe skrng msh aman2 ja..,
baik'y gmna'y..
Klo da yg tau tlng jwb'y...,,,
tanks..!

ajeng said...
August 31, 2010 at 3:33 PM

Hamster ku baru ajah lahiran,,,,,,,
ada info lagi gak mengenai perawatan hamster????

makasih looo,,,, berguna sekali buat aku

indra said...
September 18, 2010 at 7:03 PM

wah ksian juga ea klo bayinya smpai di makan...
ntarn bukannya jdi pnerus masa dpan...
mlah jdi sntapan lezat induknyyaa...

gabbyBlee said...
September 22, 2010 at 8:01 PM

ak pny hmster campbell. gmn donk ?

Anonymous said...
September 24, 2010 at 7:22 AM

haduh. karena dulu pernah denger dari sepupuku yan gpunya hamster bahwa anaknya harus dipisah dari ibunya karena akan dimakan.. jadi aku pisahin, memang sih aku misahinnya pakai sarung tangan, tapi kan sarung tangannya karet lateks yang bau banget.. duh gimana dunk.. masa semuanya bakal mati. oh my god... kalau kita kasih sendiri makanannya gimana?

blubh law said...
October 9, 2010 at 9:41 AM

hy
hams q bru lhiran ne
aq si udh pshin dri bpakna
tp sama emaknya tu ank na d bwa2 kemana2 gto
abis tu sekarang malah taroh di pasir gto
ap ank na gak ap2 tu taro di pasir gto?
saya tkut na mati ato kenpa gto?
thanks

Anonymous said...
October 26, 2010 at 9:03 PM

wah hamster qu gak di pegang tapi di makan induk'y....
aq jadi sedih padahal anak2'y 6 ekor n anak pertama.....
ada saran gak??????

ara_re said...
November 23, 2010 at 6:30 PM

hamster aku lahirnya sebelas loh..... mungkin gara-gara tiap hari di kasih makan toge ya?! hohohhohoho kasihan si ibu, tampak kelelahan menyusui anak2nya. -_-

Anonymous said...
December 29, 2010 at 11:51 AM

Hai..hamster roborovsky ku melahirkan 4 anak, allhamdulilah sekarang induknya dah bisa mengurus, waktu yg pertama anaknya 5 mati semua. Tapi induknya masih suka mainan jogging roll karena mainannya ga aku angkat, juga aku satukan dengan bapaknya ? apa perlu diangkat y mainannya ?

Anonymous said...
January 4, 2011 at 11:35 PM

kok hamster gw abis nglahirin anak2nya d cuekin malah kabur2an,udh gtu anaknya sk k injek. gmn ya?

diajeng ayu said...
January 27, 2011 at 1:13 AM

hamsterku lahiran kan anaknya ada 6 kok yang keliatan sisa 2? 4 nya kemana?

robert said...
February 2, 2011 at 9:40 AM

Hamster jantan gw makanin anak2nya neh... Tinggal 1 yg msh hidup n baru ja gw pisahin. Msh da harapan hidup ga y??

Anonymous said...
February 13, 2011 at 9:14 AM

nich kalo hamster ku itu blasteran campbell+winter white tapi anak mareka tuch gampang mati dan kalo yang lagi hamil pasti ada bencana gimana tips nya ya.......
tolong


salam berry

Anonymous said...
March 17, 2011 at 11:49 AM

hamster q bru lhiran 5 ekor tp ko sring mati pdhal ga d pegang atau d lihat truz jenis hamster syrian klw jantannya d cmpurin am bayi'ya d makan ga ...?

Rhe_nhie said...
March 18, 2011 at 11:36 AM

Q rU tAu kalO aNk Hamster g leh dpegang pAke tAngan..
panteSan aNak" Hamster q pada mati'an mUax..!!!

prat-prat said...
March 18, 2011 at 6:02 PM

bayi2 hamster ku makan sodaranya. pleeeease. . bantu & tips nya dunk.

adelinedwiputri said...
March 23, 2011 at 8:12 AM

mau share info nih, hamster yang baru ngelahirin harus lgsg dipisah bapanya tkt nanti dimakan, kalo betina nya yg makan anaknya itu kemungkinan makanan ato minuman dalem kandang habis atau bisa jg si betina ngeliat anaknya ga tumbuh sempuran/cacat jadi bisa aja dimakan. kalo baru lahir jangan ganti serbuk kayunya, gapapa bau abis mau gmana kan? nanti stlh 2 minggu baru bisa ganti serbuknya. anak hamster gw uda umur 3minggu kurang uda bisa makan makanan hamster kok dan bisa dipegang juga skrg.
semoga bermanfaat infonya :)

Anonymous said...
March 29, 2011 at 11:13 AM

Hamsterku Baru Pertamax Ngelahirin..!!
Induk Jantan e Tak pisah sama anak ama ibunya,umur brp anaknya boleh di pisah sama ibunya..??kasihan jantannya cariin Pasangannya..!!

ita said...
April 22, 2011 at 4:00 PM

hamsterku baru ajah lahiran ada 7 ekor
tapi yang 3 mati
apa gak bahaya kalo di gabungin ama ibu' bpaknya????

Anonymous said...
April 30, 2011 at 10:22 AM

mau share ya..aku melihara hamster udah lumayan lama...pernah ngalamin induk hamster ngelahirin 10, trus aku nggak nyadar kalo kandangnya basah krn botol minumnya bocor, serbuknya aku ganti ...eeee..anak2nya pada dimakan semua :(..tapi don't worry, hamster termasuk binatang yg getol melahirkan, banyak lagi..apalagi jenis campbel..sampe kewalahan, jadi aku jualin tuh anak2nya...aku juga gabungin anak2nya biar kawin2 silang...kalo gabungin ibunya dng bapaknya, tunggu sampe anak2nya besar dan si ibu dah mulai kesepian, jd pas dipertemukan dengan si jantan gak bakalan berantem habis2an..paling cuma jual mahal sebentar :)

Anonymous said...
May 22, 2011 at 5:06 PM

mau tanya kalo induk hamster jenis campbell, mati sesudah melahirkan, cara merawat anaknya supaya tetap hidup bagaimana ya..??

shabrina vianita said...
June 19, 2011 at 6:00 AM

aku hamster nya gak ketahuan dia hamil aku liat udah ada anakan nya tapi gak di makan sama si jantan

jual rumah di kemang said...
June 25, 2011 at 9:15 AM

yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

jasa ekspedisi said...
June 25, 2011 at 9:16 AM

mampir nich dari jaksel...

Anonymous said...
July 18, 2011 at 9:45 AM

kmrn kan aku bel hamster..., eh ga taunya esoknya udah beranak pinak...kok bisa ya ? aku tanyain ttg ga da yg tanggung jawab, gmn gan ?!!!
(lam kenal : newbie hamster )

Anonymous said...
August 12, 2011 at 4:05 PM

klo ada 4 bayi hamster tp 1 bayinya d singkirin terus,, ituh knapa??

satriyaji said...
August 17, 2011 at 8:57 AM

hamster ku melahirkan 6 ekor cuma.
2 lagi gk tau kemana

Keiko chan said...
September 12, 2011 at 8:27 AM

Hi,mau tanya dong...

anak hamster adikku baru umur 1 minggu tapi induknya mati entah kenapa, skrg kami bingung gmn mau kasih makannya.
kan mereka kecil2 banget tuh.
jenis hamsternya hybrida, ww blue argente.

tolong bantuannya ya bagi yg tau...

Emma Putri said...
October 3, 2011 at 11:13 AM

@ keiko chan
silahkan visit
http://mucozz.wordpress.com/2011/07/10/merawat-bayi-hamster-tanpa-indukan/

mungkin bisa membantu :D

mlekenut69 said...
October 5, 2011 at 10:39 PM

hallow...to the point aza...abis melahirkan setelah 3 hari, anak2 hamster aku pindahin kandang dgn sendok dan alasnya aku ganti yg baru...gimana kira2 ya...???..tks

Anonymous said...
October 30, 2011 at 7:53 AM

Hamster gw camphbel panda. Seminggu bru beli tau2 ada anaknya, 2 ek0r. Gw pisahin dr jantannya. Gw simpen jg betina ma anak2nya dtempat gelap, dgn mkanan n minuman cukup. Bgitu besoknya udah wasalam smua, entah kemana. Hikz

Ade Rame said...
October 30, 2011 at 7:59 AM

Ga nyampe sebulan, hamster gw beranal lg, 5 ekor. Gw langsung pisah lg ma jantannya. Gw ksih serbuk kayu n p0t0ng2 tisu. Mkanan n minuman cukup. Mainan dlm kandang, gw lepas semua. Besok paginya, 3 ekor anak hamster gw mati, tp ga dmakan. 3 hari kemudian, mati lg 1 ekor. Sekarang udah hampir 2 minggu, tgl 1. Lincah banget, bandel kayak emaknya.
Umur berapa ya boleh dgabung sama bapaknya??

Ade Rame Mega said...
October 30, 2011 at 7:06 PM

Hikz.. Menangis Semaleman..
Baru aja td pagi gw post k0men, td pas magrib wktu mau ngasih tmbah mknn,gw nemuin si kecil mati. Pdhal s0re masih lincah. Lahir waktu tgl 18 okt. Lucu, bulunya udah ada, putih. Gemezin bgt!
Sedih bgt gw! Ampe nangis2. Umurnya blm ada 2 mggu.
Gimana caranya ya supaya lain kali anak2 hamsternya kuat brtahan hidup ampe gede. Plis tips'y d0ng!

Anonymous said...
November 1, 2011 at 4:55 PM

mau tanya saya mau satukan hamster ww jantan yang umur 1bulan(anak yg udah dipisah) di kandanng jantan yg udah 3 bulan gmana ya caranya biar gak berantem...? thx

devi cantik said...
November 3, 2011 at 8:59 PM

nama : devi
sis tolong aku dong,hamsterku jenis chambell anaknya ada 6 kira kira berapa lama ya ia besar?

satu lagi ya...
hamster kalau mati umur berapa ya???
hehhehe

rhany said...
November 13, 2011 at 1:04 PM

nama : rhany

kalau cara ngasih makanan ke induknya itu pada waktu induk nya tidur apa waktu bangun ya biar anaknya gak dimakan ?

Anonymous said...
January 18, 2012 at 7:29 PM

awal q plihara hamster jg ribet krn kwatir jk tjd hal" ga diinginkn,tp skrg sh nyaman" aj.intinya ga prlu ini itu,ckup fokus aj ngrawatnya,dh tak jamin ga slg makan ato apapun,trkecuali 1; jgn kawinkan hamster yg blm ckp umur.mslh persilangan q jg silang"kn jnis WW vs Chambell,skrg ad 25 ekor lbh. :]

Anonymous said...
January 24, 2012 at 2:28 PM

terimah kasih ya infonya

Anonymous said...
January 24, 2012 at 2:31 PM

terimah kasih ya infonya

Anonymous said...
January 24, 2012 at 2:31 PM

terimah kasih ya infonya

Anonymous said...
March 10, 2012 at 1:45 PM

mau tanya ku pnya hamster baru aja melahirkan,jantannya dh ku pisah n anaknya g ku pgang tp knp anak2nya pd di makan sm ibunya?
ada 5 lg huhu T.T
tlng yg liat n tau comment

Anonymous said...
April 3, 2012 at 11:44 AM

oh begitu makasih ya buat tips nya

HamsterOnline Malang said...
May 12, 2012 at 12:44 AM

tipsnya sangat bermanfaat sekali bro...
blog nya sangat informatif...:)

konsultan said...
May 14, 2012 at 1:27 PM

saya punya hamster jenis siryan...kenapa melahirkannya lama ya..da lebih dari sebulan blom juga melahirkan..padahal semua ciri2 kehamilan sudah nampak jelas...?

Si Pelet Hamster Ku said...
June 6, 2012 at 1:08 PM

Hamster Saya Warna induknya di tubuhnya hitam di bawahnya putih.jenis apaya hamster itu ??

Anonymous said...
June 24, 2012 at 8:05 PM

sori ikut nanya dong...hamster saya ga bisa ngelahirin...dah berapa hari di kandang mulu....posisi perutnya udah di bawah,kayanya harusnya daha lahir..tapi kenapa ga lahir lahir yah...dan saya harus gimana??mohon di jawab...thanks

Anita Rachmatia Audina said...
July 19, 2012 at 1:14 PM

hai, aku nita...
aku mau nanya, kalo hamsterku udak umur 2minggu udh boleh dipegang gak ?
trus, makanan yang baik buat little hams ku apa ya ?
thanks.

security services said...
August 9, 2012 at 10:15 AM

kalao mao bedain hamster cowok sama cewek gimana?

Armstrong Indonesia said...
August 9, 2012 at 10:16 AM

terimakasih atas tipsnya

Anonymous said...
September 22, 2012 at 1:25 PM

q punya nya yg safir truz gimana tugh,ciri" induk mau lahir gimana

iyan kusyandi said...
November 22, 2012 at 3:11 PM

oii...hamster siria q melahirkan 7 ekor..tapi si induk terus nyusuin anaknya sampe2 q kasih makanan g di makan sama sekali padahal makaanan nya yang biasa di kasih sehari2 loh..knapa ya ..???

iyan kusyandi said...
November 22, 2012 at 3:17 PM

trus satu induk lagi dia ngelahirin 2 bayi hamster nah sedangkan 3 hamster lagi masih ada di perutnya,,yang 3 lagi g keluar2 sampe2 si induk gigit lidahnya sampe butung akhirnya mati,,,pas q sebet perutnya pake kater ada 3 bayi di dalam perutnya tapi warnanya ke itaman gitu kayak bayinya belum siap lahir...emang bisa ya bayi hamster yang 2 udah siap lahir yang 3 lagi masih belum sempurna bentuk banyinya...

Post a Comment

Thank you for reading my post. Please give me feedback.