Cara Membawa Hamster Bepergian

Sering kali kita perlu membawa hamster untuk jarak jauh. Entah itu karena kita pindahan, atau karena hamster dihibahkan, atau karena hamster baru dijualbelikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tiga pantangan besar untuk hamster:

Basah, Panas, Angin Kencang.

Indonesia beriklim tropis, sehingga bukan hal baru lagi jika di musim kemarau suhu udara mampu mencapai 38 deg C. Padahal hamster berasal dari daerah sub-tropis, sehingga hamster tidak tahan panas. Lalu bagaimana kalau kita mau membawa hamster di cuaca panas?

Beberapa membuat kesalahan dengan membawa hamster di kantong plastik, dengan alasan: biar gampang. Padahal, dengan dibungkus kantong plastik, sirkulasi udara tidak baik. Kalau sudah demikian, hamster akan berkeringat, sehingga tubuh hamster akan basah, tinggal tunggu waktu aja buat menghadap Yang Maha Kuasa. Lalu bagaimana? Ada yang kasih usul pake kandang terbuka aja (baca: kandang berjeruji). Lah, kalau naik motor? ANGIN yang berhembus akan terlalu kencang buat hamster. Walaupun padang rumput tempat hamster hidup selalu bertiup angin kencang, tapi hamster hidup di dasar tanah, tertutup oleh rimbunnya rumput yang tinggi-tinggi. Jadi angin cukup tertahan. Jadi, tinggal tunggu maut lagi deh... Pernah terjadi di kamar, Hamster dikasih kipas angin ekstra kenceng pada 100 hamster. Dalam waktu 3 hari, 20% populasi mati... Mengapa? Yang mati selidik punya selidik ternyata kena hembusan kipas angin. Padahal maksudnya biar gak panas.

Jadi bagaimana caranya membawa hamster bepergian?

- Jika membawa menggunakan motor. Untuk menghindari angina kencang, makanya hamster diletakkan di wadah tertutup seperti container kura-kura atau seperti wadah Tupperware, hanya aja dibolongi di tutupnya, agar ada sirkulasi udara. Kemudian, dilindungi dengan menggunakan kain atau tas, agar tidak terkena terik matahari langsung.

- Jika membawa hamster dengan mobil. Nah, biasanya saya membawa hamster menggunakan mobil, kalau bawa hamster pada malam hari sih, tidak ada masalah, tapi bagaimana kalau bawanya siang hari bolong pas musim kemarau? Kalau AC mobil dingin sih, ya ga masalah, terus kalau AC mobil lagi ngadat alias rusak? Mending hamster-nya di tutup pakai kain yang berwarna terang, agar tidak terkena terik matahari langsung dan warna terang akan lebih sedikit menyerap kalor daripada warna gelap.

- Kalau lagi rajin, coba aja sebelum membawa hamster bepergian di cuaca yang panas, buat deh es batu yang dibuat di bolot plastik. Terus masukin deh di tas tempat membawa hamster. Jangan dimasukin ke kontainer hamsternya yah…Nanti jadi es hamster! Maksudnya biar tetep adem gitu hamsternya.

- Jika jarak perjalanannya jauh, maka sediakan makanan dan air minum untuk hamster secukupnya, atau kalau mau praktis, kasih makan taoge selama perjalanan. Taoge kan banyak mengandung air, jadi tidak perlu repot membawa botolminum hamster.

Sekian dulu yah! :antok:

71 comments:

Joko Blog said...
July 21, 2009 at 11:24 AM

waduh, kaya' bawa bayi ya :)perlu persiapan...

gooddell said...
July 21, 2009 at 11:25 AM

great info....
http://gooddell.blogspot.com/

Purwanto said...
July 21, 2009 at 11:32 AM

wuih...akhirnya bisa baca artikel kedua....bener2 berpengalaman nih bawa hamster.blognya cantik n imut, jd enjoy ngebaca-nya. bagi2 terus ilmunya pren. n ditunggu posting berikutnya.

bippi sm4ile said...
July 21, 2009 at 11:41 AM

bener-bener repot yaa bawa peliharaan,
harus bawa sama kandangnya, makanannya, dan lain2nya.
hehehe...keep update sob.

janu said...
July 21, 2009 at 11:47 AM

capek deh.
kalo melihara susah, tapi kalo beli mudah

arunaspot said...
July 21, 2009 at 11:50 AM

klo bawa desti jalan gimana caranya yaa ?

hahahaaaaaaaaaaa..

arunaspot said...
July 21, 2009 at 11:52 AM

hamsternya manja banged ihh..

kangjoko said...
July 21, 2009 at 12:00 PM

dulu saya pernah punya hamter 1psg tapi karena tidak bisa mengurusnya jadi mati. makanya saya takut kalo pelihara lagi ga bisa ngurusnya. ternyata buat saya ngurusnya susah bgt.

pakto said...
July 21, 2009 at 12:11 PM

siip deh.....

sastra radio said...
July 21, 2009 at 2:12 PM

Ternyata gampang2 susah juga ya? Pokoknya Hamster is the best dah

sanur sukur said...
July 21, 2009 at 2:29 PM

q lebih suka masukin ke aquarium kecil deh..kan cuma sementara....

desti btw umur hamster sampe berapa taun yaaa....

admin said...
July 21, 2009 at 2:36 PM

@Sanur: biasanya sih sampe 2 tahun... beda2 juga sih tiap jenis hamster.

Pandu said...
July 21, 2009 at 3:05 PM

Wah manteb nih.... caranya...
keren deh.... walaupun ga punya hamster..
tapi klo liat blog ini jadi yakin ingin pelihara hamster
sukses ya...

enggalicious said...
July 21, 2009 at 3:55 PM

busyettt ,, hamsterr manja ...
wehehee ,,

tp bner jugag sehh , ntar klo kepanasan hamster yang dibawa bisa2 jadi hamstr panggang ..

KIBAGUS said...
July 21, 2009 at 4:23 PM

SORE... DESTI !
ALANGKAH SENANGNYA KALO BISA JADI HAMSTERNYA DESTI.....
DESTI KAMU EMANGNYA SERING BEPERGIAN BAWA HAMSTER YA....!
ATI ATI KALO LEPAS NTAR BISA PERGI SENDIRI LHO...!

aNGga Labyrinth™ said...
July 21, 2009 at 4:24 PM

Wah... sayang banget sama hamsternya :)

Diriku ngak pernah membawa hewan piaraan jika melakukan perjalanan.

Biasa ditinggal dirumah, biar ada yang ngurus :)

Tips yang keren kk *naekin reputasi klo di forum*

berita unik said...
July 21, 2009 at 4:45 PM

ternyata hamster portable banget yah
bisa dibawa kemana-mana
di taruh ke dalam dompet, kantong, plastik
hemat dan cermat

cerita naruto said...
July 21, 2009 at 4:47 PM

si eneng emang pinter
ga kayak akang
tuh si jamie,bandot kesayangan akang
ga bisa di bawa kemana-mana
ga praktis dan portable

Hamsternya luthu, bwt akang aja yah neng >.< v

Irawan said...
July 21, 2009 at 5:16 PM

Wah kayanya buka usaha penitipan hamster boleh juga nih... pengen juga pelihara hamster... tapi udah cukup direpotkan ama kucing + kura2

arkasala said...
July 21, 2009 at 5:16 PM

wah ini blog dengan segmen khusus. cakep dan kreatif. Ok selamat sukses ya. trims sudah berkunjung. salam

troy said...
July 21, 2009 at 6:45 PM

Nice posting.... hehehehe.....
LANJUTKAN....... !!!

Ares Shadux's said...
July 21, 2009 at 7:58 PM

susah juga ya kalo bawa hamster bepergian

kalo ga hati2 bisa2 mati tu hamsternya

sobat sehat said...
July 21, 2009 at 11:26 PM

hamster binatng yang lucu yah, boleh jug tuh. kalo saya suka ikan mas. aplagi ikn arwna

freedom creativity said...
July 21, 2009 at 11:32 PM

hamster... oh my god...saya suka tapi blom bisa tuch cara merawatnya...,maunya sich punya dan kita pelihara, eh.. sayang blom ada kursusnya cara merawat hamster... kalau ada aku ikut ya..

Awal Sholeh said...
July 22, 2009 at 8:51 AM

wah menarik infonya, sayang bgt ma hamsetrnya tp jgn sampe sayangnya mengalahkan pacarnya. waktu naik motor di tuperware dikasih kasa atau busa biar hamsetrnya nyama ;)

Awal Sholeh said...
July 22, 2009 at 8:52 AM

kurang n nyaman maksud nya

Awal Sholeh said...
July 22, 2009 at 8:53 AM

seperti lagu saykoji dah mulai online pagi2 pdhal face masih ngantuk, ternyata gusi sya membengkak ne sakit rasanya.

صبي مُضَحِّك said...
July 22, 2009 at 12:48 PM

Wah ternyata pegang hamster ada tips and trick nya juga yaa! kirain gendong bayi doank yang ada aturannya! heheheheh!

MUBAROK said...
July 22, 2009 at 1:08 PM

Jadi pengen punya Hamtaro nie :))
Belinya dimana ya :o

adiedotcom said...
July 22, 2009 at 1:08 PM

susah donk... hrs ada prsiapany

uguns said...
July 22, 2009 at 1:43 PM

Benar hamster tu harus di perlakukan secara baik.. supaya dia merasa senang... Lucu dweh hamsternya jadi pengen pegang...

tito said...
July 22, 2009 at 1:51 PM

wah komplet nya... :)
enakan jd hamster nya bs di bawa kmana2, sy jd ngiri... heuheu.... ^_^

Aura CeLL said...
July 22, 2009 at 2:41 PM

pengen nya sih ikut peliara hamster juga tapi............ kalo q nitip disini boleh gak......

Miss J said...
July 22, 2009 at 3:56 PM

Kalo mu bawa hamster di pesawat gmn caranya ya des?? kan takut ketauan petugas..

sifa said...
July 22, 2009 at 4:39 PM

sore desti, numpang komen ya he..
boleh juga des infonya ntar ku sampaein ma adikQ, kaya'nya dia ga banyak persiapan gt kl bw hamster pergi he...

leo bz said...
July 22, 2009 at 7:01 PM

hahah... thx ya infonya dest mantap tenan :) sering ngumpet hamsie nya kalo siang2

asep canda said...
July 22, 2009 at 9:54 PM

O gitu toh baru tau ane

asep canda said...
July 22, 2009 at 10:04 PM

thank you ya info na

Hendra Lesmana said...
July 23, 2009 at 2:55 AM

betul banget coz hamster kan sensi, tul gak des? hehehe

start dreaming stop action said...
July 23, 2009 at 2:57 AM

wah baru tau ni, soalnya aku gak punya hamster tp aku punya anca alias anak sanca, masih bisa disakuin heu...

arunaspot said...
July 23, 2009 at 7:10 AM

aruna punya ANJING alias Anak KutJing... hyahahaha.....

bawa nya gampang tuh, kayak mau hajar preman,
tarik aja lehernya pasti diem deh... ^^

hehehwehwehwhewhewh...


keep komen2an yaaa ;)

mazdeby said...
July 23, 2009 at 10:59 AM

hamster itu apa sech?

seorilin said...
July 23, 2009 at 1:25 PM

setauku hamster itu putih, ada contoh hamster yang lain ga(warna warni)???

Aneuk Nanggroe said...
July 23, 2009 at 1:54 PM

di tempat sy di langsa Aceh, gak da yg jual hamster..! ada yg berminat/mau kirim ke saya ngak??

merta said...
July 23, 2009 at 2:58 PM

ternyata kalau kita tau caranya pelihara hamster mudah banget yah
bisa dibawa kemana-mana.

numpang iklan ya>??
bagi yang mau ikutan bisnis modal awal cuman Rp0,-

klik nama aku ya!!

paul said...
July 23, 2009 at 3:04 PM

I will recommed my friends to read your blog, very details all about hamsters!

SariRapet said...
July 23, 2009 at 3:20 PM

wah sariRapet jadi tau dimanan memburu hamster online.... I am coming....

ezoel said...
July 23, 2009 at 3:23 PM

Hai Des, aku baik2 aja kok, kamu sendiri gimana?
kayaknya baru tadi pagi aku mampir ke sini, tapi kamunya belum ada....
hamsternya masih belum laku, memang kebetulan pada saat yang bersamaan banyak yang ngirim hamsternya juga jadi lakunya agak lama...
belakangan ini aku lagi gencar mau menaklukan cambelku nih Des, abis penasaran sih, winter aja bisa baik banget, masa cambel gak bisa....

Aryo Halim said...
July 23, 2009 at 3:41 PM

Lucu dan imut, spt yang punya..hehehe

donkissotes said...
July 23, 2009 at 3:46 PM

sepertinya klo bw hamster hampir sama dg bw durung kicauan buat kontes..
sangat sensitif thd prbhn lingkungan sekitar dest..

nc share
thx u

enggalicious said...
July 23, 2009 at 3:56 PM

hy , ada award buad elu ..
ambil disini yey ...

ajir said...
July 23, 2009 at 3:59 PM

hamster kq di ajak jalan suka minta jajan ga?? :D

Harri said...
July 23, 2009 at 4:07 PM

Aku nggag punya hamster hehehehehe :))

nature said...
July 23, 2009 at 4:19 PM

aku blm pernah pelihara hamster,..tapi bagus infonya,..siapa tau ntar ada yg kasih..he..he...

TOPNews said...
July 23, 2009 at 4:53 PM

wuihhh rumit amiiit dest.???
bener jg,,
hamster sangat peka yah?

Tipspack said...
July 23, 2009 at 5:56 PM

Ckckck...
Tega banget si, yang bawa hamster pake kantong plastic... :D Berasa sampah, ya ampuuunnn... :)

Tipspack said...
July 23, 2009 at 5:59 PM

Ckck...
Ternyata ade' Hamster bisa masuk angin juga yak...
Kayanya tuh masuk angin akut, jadinya sampai meninggal... >.<

Tipspack said...
July 23, 2009 at 6:01 PM

Gemana kalau hamsternya di gendong sama Valentino Rossi kalau lagi balapan yak,,, Ckckck... Pasti yang terjadi adalah komplikasi antara Masuk angin & Gagal jantung...
Amit-amit deh ih... >.<

Tipspack said...
July 23, 2009 at 6:03 PM

Ya ampunn...
Masa si ada Es Hamster...
Tega sekali ya...
Siapa si orang nya yang tega begitu...

Semoga orang tesebut mencari alternatif es rasa lain selain rasa Hamster, sebelum banyak hamster-hamster lain yang jadi korban... :'(

Ryan said...
July 24, 2009 at 11:35 PM

Nice info sist n thank's,btw hamster aja kgk punya gmn mo bawa bepergian xixixi...:-)

Herdoni Wahyono said...
July 26, 2009 at 9:47 AM

Binatang mungil yang lucu dan menggemaskan !

draxc0la said...
July 29, 2009 at 6:04 PM

ada2 aja neh hamster ya

satria said...
July 29, 2009 at 6:05 PM

wah ... repot juga klo bawa hamster ke mana2 ya... biar ditinggal di rumah aja deh...

alamendah said...
August 2, 2009 at 12:34 AM

pertama (maaf) mau nitip pesen buat semua penghuni dunia maya: "ikutan vote dan DUKUNG PULAU KOMODO SEBAGAI 7 KEAJAIBAN DUNIA "

alamendah said...
August 2, 2009 at 12:36 AM

makin lama makin suka sama binatang imut ini, gue!

blog kakak said...
August 10, 2009 at 9:34 PM

wwaaaah....blog ini bagus bgt!!! kbetulan q mau ajak hamsterku pulang kampung dari jakarta ke jawa tengah naik mobil....great info!!! ditunggu posting barunya yaaa..... :)

Anonymous said...
December 29, 2011 at 11:57 AM

bagaimana jika naik bus????? please dijawab

Anonymous said...
December 29, 2011 at 12:15 PM

disini bisa tanya tanya gak??? soalnya baru pemula nich :)

Anonymous said...
February 1, 2013 at 12:49 PM

gan kalo bawa pas naek pesawat gmana nih?

Post a Comment

Thank you for reading my post. Please give me feedback.