Standar Kontes Hamster

Huaaah...ternyata ga hanya di luar negri aja lho yang rajin mengadakan kontes hewan peliharaan. Tapi di dalam negri juga ngga kalah... Contahnya informasi berikut saya ambil di situs ini. Mau tahu apa saja yang dijadikan standar penilaian untuk kontes hamster?

ALOKASI NILAI

- Warna dan Pola : 30 poin
- Jenis : 25 poin
- Bulu : 20 poin
- Ukuran : 10 poin
- Kondisi : 10 poin
- Mata dan telinga : 5 poin

SANKSI

Sanksi dapat dijatuhkan untuk kondisi-kondisi berikut:
- Kehilangan anggota gerak (tangan/kaki), mata, telinga, atau ekor : Diskualifikasi
- Cacat yang dianggap menurun : Diskualifikasi
- Penyakit : Diskualifikasi
- Terdapat warna kuning, walau sedikit : Diskualifikasi
- Kelebihan lemak : Maksimal dikurangi 5 poin
- Terdapat luka atau bekas luka : Maksimal dikurangi 10 poin
- Kandang untuk kontes kotor : Maksimal dikurangi 10 poin


JENIS (25 poin) - Secara keseluruhan harus berbentuk oval/lonjong. Kepala harus lebar dan terletak menempel rapat pada badan. Kepala harus berbentuk kurva lengkung dan kepala bagian depan agak berbentuk seperti kubah (hidung Roman). Tungkai dan ekor sebaiknya nyaris tidak terlihat. Mata dan telinga harus terpisah pada jarak yang cukup.

BULU (20 poin) - Bulu harus lembut, pendek dan sangat rapat. Ini juga berlaku untuk telapak kaki. Sisi dalam telinga sebaiknya sedikit berbulu.

UKURAN (10 poin) - Hamster Winter White Dewasa berukuran antara 8-10 cm.

KONDISI (10 poin) - Hamster harus sehat, memiliki rasa ingin tahu yang baik ketika dibangunkan dan jinak ketika dipegang. Daging harus sekal tanpa kelebihan lemak. Kulit dan bulu tampak sehat bersinar dan hamster harus tampak bersih.

MATA DAN TELINGA (5 poin) - Ukuran mata dan telinga sebaiknya proporsional terhadap ukuran hewan. Mata harus bulat dan tidak menonjol. Telinga harus tegak, bulat dan terlihat di atas bulu.

WARNA (30 poin) - Warna dasar adalah warna yang menutupi keseluruhan tubuh hamster, tidak termasuk bulu perut.

N.B: Ini saya ambil standar kontes untuk hamster jenis Winter White

75 comments:

Tipspack said...
July 23, 2009 at 6:37 PM

PERTAMAXXX...!!!
Ckckck... Ahirnya bisa dapet pertamax juga neh...
Yah, kok ga ada lomba lari hamster 100 meter yak??? >.<

Tipspack said...
July 23, 2009 at 6:39 PM

Tapi keren lah, Ga nyangka sebelomnya, kalau ada lomba Hamster juga....
Kirain tuh yang ada cuma lomba lari karung, sama makan kerupuk... Hehe... :D

Edwin said...
July 23, 2009 at 6:41 PM

Kenapa ga boleh ada warna kuning?... maksudnya atribut parpol tertentu gitu...?? :-)

kimmo framelius said...
July 23, 2009 at 7:36 PM

good blog, funny blog, thank you !

dilarang melarang said...
July 23, 2009 at 7:49 PM

LUCU JUGA YA..KALAU ADA LOMBANYA...
KREATIF JG...
http://nagapasha.blogspot.com

ritz said...
July 23, 2009 at 7:57 PM

veri interstng budy,.. bagus sekali kl sll di adakan kontes sprti ini spertinya adik saya berminat utk slksinya,da satu pertanyaan dari saya kl berkenan di jwb y sobat,utk sanksi klbihan lemak bgmn cara mengukurnya apakah di tara atau da alat yg lainnya sesuai standar yg da,tnx and gd lck 4 u

bunga raya said...
July 23, 2009 at 9:52 PM

berkunjung di malam hari dan salam kenal saja nih sahabat.nice blog nice artikle

cahyadi said...
July 23, 2009 at 10:43 PM

infonya menarik mbak... jadi punya referensi nih kalo ntar berniat piara hamster... makasih ya...

patahati said...
July 23, 2009 at 11:34 PM

info yang bagus bagi yang punya hamster...

Pandu said...
July 23, 2009 at 11:55 PM

Mantab....
ada juga kontes Hamster....
Bagus2x artikelnya...
saya harus banyak belajar nih...

arunaspot said...
July 24, 2009 at 1:22 AM

hamster emang hebat..bahkan dia sekarang ikut lomba kontes blog... lucu lagi namanya "talkinghammie" hyhahahaha...

des des..maap y baru sempet malem komennya,
tadi kompie nya di jajah anak kos buat main bola.

keep komen2an ya eyang ;)

arunaspot said...
July 24, 2009 at 1:23 AM

des des,,,,,,,,,,,,,

hahaha,,,

manggiL doank,,,,,,,,,,,

cihuy,,,,

Noe2 said...
July 24, 2009 at 2:56 AM

Salam kenal ja sob, tukeran lik yuk....

genial said...
July 24, 2009 at 3:40 AM

buseddd... nii mah bener2 pemerhati hamster iia??!!??! saludddd!!!

Aisyah said...
July 24, 2009 at 3:47 AM

suka hamster y mba?
sama dunk..

AwAnG said...
July 24, 2009 at 5:18 AM

Pagi Desti. . Lama juga enggak mampir. Thank yah da mw jenguk blog BisAwanG.
Oea, Hamster adek aq bru ngelahirin 8 ekor bayi Hamster nih. . Hoh0ho0o. .

nunggu gede truz ktnya mw di ikutin kontes. Hehehe, boleh nih Tips dari sobat Desti. Sering2 mampir ya ke blo sederhana AwAnG ^^v

Awal Sholeh said...
July 24, 2009 at 7:05 AM

ampe gak bisa berkomentar apa2 lagi neh ;) karna bagus pastingannya dan saya kurang taw betul ttg hamster ;)

ternyata ada kontesnya juga yah. kalo waktu itu saaya liat di UGM kntes kucing

pokehack said...
July 24, 2009 at 8:28 AM

maf, klo hamster'y terdapat warna kuning kok di diskualifikasi??? emg knp yak???

admin said...
July 24, 2009 at 8:34 AM

@ Pokehack:
Warna kuning bukan warna asli winter white. Warna kuning pada hamster hibrida berasal dari campbell. Oleh sebab itu, Hamster Winter White dengan penampakan warna kuning, walau hanya sedikit akan langsung d-diskualifikasi. Khusus untuk hamster-hamster sekelas kontes, harus mempertahankan keaslian genetik dari alam.

arunaspot said...
July 24, 2009 at 9:08 AM

des des des.......he he he..............

eh eh eh,,,,,,he he heeee...................

KIBAGUS said...
July 24, 2009 at 10:48 AM

HOREEE...!
IKUT LOMBA.....
DES KAMU IKUT JADI JURI NGGAK....
KAMU KHAN MASTER HAMSTER...!

Tipspack said...
July 24, 2009 at 11:25 AM

Whuahahaha...
Desti smalm dijemput sama mas-mas tukang somai dari Tipspack yak???
Yiahahaha... :D

Tipspack said...
July 24, 2009 at 11:26 AM

@ arunaspot,
Ckckck...
Makin GJ deh...
Whuahaha...!!!

Tipspack said...
July 24, 2009 at 11:27 AM

Des...
Jangan mau kalau dijemput lagi sama si Aruna... :D

Tipspack said...
July 24, 2009 at 11:29 AM

Des, AWARD yang waktu itu, yang syaratnya TOP COMMENTATOR boleh ku ambil ga???

troy said...
July 24, 2009 at 12:06 PM

hamster yang dah tua umurnya boleh ikutan juga yaa?
heheheh...

Tipspack said...
July 24, 2009 at 12:18 PM

Wokey deh, kalo hari ini dapet wangsit rencananya tar malm mau ku posting AWARD nya... hehe...
Dah butek bener eh, ga ngerti mau ngapain, Sampe pipis pun ga selera... :D

arunaspot said...
July 24, 2009 at 12:34 PM

wedew...ga selera pipis ???

Aruna Jati said...
July 24, 2009 at 1:16 PM

pipis di toilet sapi !

Pandu said...
July 24, 2009 at 2:27 PM

Hallo des,
Bekunjung kemana-mana... larinya kesini lagi...
Sekalian mw liat para Hamster yang lucu-lucu... sekalian promosi ada post baru tuh di komen juga ya...
salam sukses selalu

uguns said...
July 24, 2009 at 3:03 PM

Heavy metal hamster

sifa said...
July 24, 2009 at 3:15 PM

hi des.. :)
ternyata ada juga ya kontes hamster he.., wah hamster desti mau diikuti kontes juga ga nich he..he.. ^_^

yanuar catur rastafara said...
July 24, 2009 at 4:51 PM

akhirnya
nyampe juga nih di sekumpulan hamtaro
hehehehehehe
salam kenal yak

berita unik said...
July 24, 2009 at 4:52 PM

wah2...
ternyata kriterianya banyak yah
lah nama desti ga ikutan jadi miss hamster 2009
hehehe

cerita naruto said...
July 24, 2009 at 4:53 PM

kalo di Indonesia mang dimana aja yang pernah diadain...??
jakarta doang yah ^^

Irfan Melodic - We Share a Universal Will Called Peace said...
July 24, 2009 at 5:31 PM

hamster jeng Desti pernah jadi juara? Bagi-bagi dunk foto-foto hamster Jeng Desti disini yah? Thank you

Datang ke tempat aye juga ya jeng :)

Best regards,

Irfan Melodic Nugroho
Melodramatic Mind

Facts on the Recent News

viki officialsite said...
July 24, 2009 at 7:10 PM

wah tambah rame nih blog nya

nathalia site said...
July 24, 2009 at 7:21 PM

wah, baru tau kalo hamster juga ikutan kontes. Kontesnya kaya' pemilihan ratu sejagad ya, pake kategori. good hobies

Daniel said...
July 24, 2009 at 11:15 PM

lucu juga kalau ada kontesnya :)

genial said...
July 25, 2009 at 2:30 AM

ala mak jaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang... tetangga saiia nii suka banget sama hamster2an... apa juga dia bela-belain buat ngerawat hamsternya...

badewei... emangnya ada kontes banyak-2 an komen iia.. baru tau niii :p

Budi Hermanto said...
July 25, 2009 at 9:17 AM

Waa..
Hamster mania..
Keren..
Hehehe..
Met knal ya mas.. :D

bunga raya said...
July 25, 2009 at 10:16 AM

berkunjung pagi mencari secangkir kopi hangat

blog sedekah said...
July 25, 2009 at 9:26 PM

kamu cocoknya jd juri dest..
aq dukung sepenuhnya deh

arkasala said...
July 25, 2009 at 10:52 PM

wow ... Hamster ada kontesnya juga ya. Berarti ada persekutuannya juga kali ya. Wah kebayang seru deh tuh ... ok selamat jika ikutan kontes, semoga jadi juaranya. Hamsternya lucu begitu kok. Salam

Hendra Lesmana said...
July 26, 2009 at 12:31 AM

wah emang sering ya des kontes hamster, kirai yang lagi marak kontes SEO doang hehehe

Bayu 'The Maniac' said...
July 26, 2009 at 1:53 AM

bnyak banget penilaian nya ???
mendingan nggak usah ikutan ..
nggak ada hamster msalahnya ...
hehehe ,..

Moel's Blog said...
July 26, 2009 at 9:09 AM

Lucu yah kontes hamster... Beliin hamsternya dong buat ikutan :p

arkasala said...
July 26, 2009 at 9:51 AM

wah mbak desti ini, bukankah disini lebih rame dan fokus he he.
Bagus ni mbak, saya blom bisa sefokus ini. Great and beautiful.
Lanjutkan n salam sukses

pengembara said...
July 26, 2009 at 11:56 AM

sayangilah satwa yang lain ok!

arunaspot said...
July 26, 2009 at 12:02 PM

ni orang pada kemana yak? kok blog ku sepi bangedd,,,

muhfachrizal said...
July 26, 2009 at 12:47 PM

Hamsterx lucu-lucu

francisca said...
July 26, 2009 at 12:57 PM

benar2 pakar hamster..nice info

gaelby said...
July 26, 2009 at 1:52 PM

helloo Prof. Hamster ... kren abizz... :)

Slam knal n peace :)

sanur said...
July 26, 2009 at 2:13 PM

so sweet ada juga ternyata hamster contes...ga kebayang lucu en ramenya aja....moga2 pas contes ga ada yang bawa kucing yaaa....amin

Kibagus said...
July 26, 2009 at 3:21 PM

DES....!!
GIMANA HASIL LOMBANYA...????

PAKTO said...
July 26, 2009 at 3:24 PM

hamster...ok.. deh..

jaya said...
July 26, 2009 at 3:54 PM

suka hamster ya.... jangan2 dirumahnya ada ternak hamster jga ya..???? hehehe.. :D

genial said...
July 26, 2009 at 4:28 PM

apdeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet
wkwkwkwkwkwkwkkwkwk...

Juliawan said...
July 26, 2009 at 9:19 PM

hihihi hamster emang binatang lucu hehhee salam kenal ya :)

Bayu 'The Maniac' said...
July 26, 2009 at 9:45 PM

mau ikut lomba banyak amat syarat nya ...
hehehe ...
biasanya kalo menang dapet apa sob ???

Daily Project said...
July 27, 2009 at 12:46 AM

hi, salam kenal...
btw say my hi to ur hamster

Hendra Lesmana said...
July 27, 2009 at 12:49 AM

des sering gak sih kontes hamster diadainnya? soalnya ada yang mo ngasi hamster hehehe, tar ikutan ah....

ezoel said...
July 27, 2009 at 8:38 AM

Hai Des, sabtu kemarin aku main ke pasar burung deket PGJ jatinegara, sepertinya hamster sudah menjadi bagian dari pasar burung sekarang, soalnya yang jual kandang banyak banget, hamsternya juga banyak tapi sayang di satuin didalem box plastik gitu, hamsternya sampe desek2an kayak naik kereta dari bogor ke kota pagi hari =P
mungkin karena keterbaasan lokasi kiosnya juga kali ya...

Ryan said...
July 29, 2009 at 2:47 AM

Wah ntar klo punya hamster sndr ngikut kontes dach,apalagi jurinya desti cikikik...:-)

Hamha!!! said...
August 1, 2009 at 10:56 AM

Hore berarti hamsterku boleh ikut kontes donk k!!! ^0^

Anonymous said...
August 7, 2009 at 2:26 PM

Tanggal 16 Agustus 2009, mulai jam 9 pagi di Kota Wisata ada kontes hamster. Info lebih lanjut, browsing aja di www.hamster.web.id masuk ke bagian forum, cari sub forum kontes. Hadianya jutaan loh. Kontes ini diadakan resmi oleh Klub Hamster Indonesia.

alaskakiwanita.com said...
August 12, 2009 at 5:56 AM

hanya blogwalking aja...tks

Blue Sky said...
August 16, 2009 at 4:45 AM

Wah kl hamster pd kontes ntar yg punya jadi kesaingan donk....he..he...halo non lama kok gak nongol di situs aku...mampir donk

fachrizal said...
August 22, 2009 at 2:03 PM

mampir dlu ah...
Km masi tetap exis utk meningkatkan alexa Rank ;)

agung said...
October 12, 2009 at 8:01 PM

wah..hamsterku bisa ikut yang kayak gitu gak ya..mau aq bedakin dlu ah..

aboutgecko said...
August 6, 2011 at 12:14 AM

nice share nih ,.. :)

wah kudu perhatikan satu2 neh piaraan ane ,.. :)

mana yg dah kuality kontest ,.. :) :)

eramart antasari said...
June 24, 2012 at 10:04 AM

HALO GUWE YUKI DI SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR..ADAI KONTES DONG DSNI PEMINATX BYK KOK ..

obat herbal said...
May 12, 2014 at 1:58 PM

sukses buat kontesnya

Post a Comment

Thank you for reading my post. Please give me feedback.